Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini
RSS

STRATEGI-STRATEGI YANG MEMADUKAN MEDIA PEMBELAJARAN



 A. MODEL MODEL PERSENTASI
Presentasi adalah praktik memperlihatkan dan menjelaskan isi dari suatu topik kepada audiens atau peserta didik (Wikipedia, 2012:1) . adapun langkah langkahnya yaitu
  1. Memilih topik yang menarik
  2. Menentukan Tujuan
  3. Mengumpulkan informasi
  4. Mengembangkan garis-garis besar yang ingin disampaikan
  5. Memilih alat bantu
  6. Memilih judul, kata, frase, klausa, atau kalimat (to the point, dekriptif, menarik, membuat gambar, menyenangkan)
  7. Mempraktekkan
 B. DISKUSI           
DISKUSI adalah metode pembelajaran yang menghadapkan siswa pada suatu permasalahan. Tujuan utama metode ini adalah untuk memecahkan suatu permasalahan, menjawab pertanyaan, menambah dan memahami pengetahuan siswa, serta untuk membuat suatu keputusan (Killen, 1998).
LANGKAH PERSIAPAN:  merumuskan tujuan, menetukan jenis diskusi, menetapkan masalah yang akan dibahas, mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan diskusi
PELAKSANAAN DISKUSI: Memeriksa segala persiapan, memberikan pengarahan, melaksanakan diskusi sesuai dengan aturan main, memberikan kesempatan kepada peserta, mengendalikan pembicaraan kepada pokok persoalan.
MENUTUP DISKUSI: Membuat pokok-pokok pembahasan sebagai kesimpulan, Me-review jalannya diskusi dengan meminta pendapat dari seluruh
Peserta.
 C. MODEL DEMONSTRASI & TUTORIAL
         a. DEMONSTRASI
merupakan metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekadar tiruan.
Kelebihan :
    •      Menghindari Verbalisme karena langsung menyaksikan pertunjukkan
    •      Pemelajar tidak hanya mendengar  tetapi juga melihat secara langsung
    •      Pemelajar akan memiliki kesempatan untuk membandingkan antara teori dan kenyataan.
Kelemahan :
    •      Memerlukan persiapan yang lebih matang sehingga dapat memakan waktu yang banyak
    •      Memerlukan peralatan, bahan-bahan, dan tempat yang memadai
    •      Demonstrasi memerlukan kemampuan dan keterampilan khusus.
LANGKAH PERSIAPAN:
    •      Merumuskan tujuan, persiapkan garis besar langkah-langkah demonstrasi yang akan dilakukan, lakukan uji coba demonstrasi
    •      PEMBUKAAN:
    •      Aturlah tempat duduk yang memungkinkan semua siswa dapat memperhatikan dengan jelas apa yang didemonstrasikan, kemukakan tujuan apa yang harus dicapai oleh siswa, kemukakan tugas-tugas apa yang harus dilakukan oleh siswa
PELAKSANAAN DEMONSTRASI:
    •      Mulailah demonstrasi dengan kegiatan-kegiatan yang merangsang siswa untuk berpikir, Ciptakan            suasana yang menyejukkan, Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti jalannya demonstrasi, Berikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif memikirkan lebih lanjut,
    •      PENUTUP:
    •      memberikan tugas-tugas tertentu yang ada kaitannya dengan pelaksanaan demonstrasi dan proses pencapaian tujuan pembelajaran
             b. TUTORIAL
is a method of transferring knowledge and may be used as a part of a learning process. More interactive and specific than a book or a lecture; a tutorial seeks to teach by example and supply the information to complete a certain task.
Kelebihan :
    •      Bekerja Mandiri: mengembangkan keterampilan yang mumpuni
    •      Mengukur sendiri kemajuan: bekerja berdasarkan tingkat kemajuan
    •      Dapat menjangkai pemelajar secara individu
Kelemahan :
    •      Berpotensi membosankan: terjadi beberapa pengulangan
    •      Menimbulkan rasa frustrasi
           Tidak bisa berjalan dengan baik jika tidak ada panduan: tergantung pada panduan
D.  MODEL LATIHAN DAN PRAKTIK
Metode latihan pada umumnya digunakan untuk memeperoleh suatu ketangkasan atau keterampilan dari apa yang telah dipelajari. Mengingat latihan ini kurang mengembangkan bakat/inisiatif siswa untuk berpiki, maka hendaknya guru/pengajar memperhatikan tingkat kewajaran dari metode Drill.
Prinsip dan petunjuk menggunakan metode Drill.
Ø  Siswa harus diberi pengertian yang mendalam sebelum diadakan latihan tertentu.
Ø  Latihan untuk pertama kalinya hendaknya bersifat diagnosis, mula-mula kurang berhasil, lalu diadakan perbaikan untuk kemudian bisa lebih sempurna.
Ø  Latihan tidak perlu lama asal sering dilaksanakan.
Ø  Harus disesuaikan dengan taraf kemampuan siswa.
Ø  Proseslatihan hendaknya mendahulukan hal-hal yang essensial dan berguna.
METODE PRAKTIK LAPANGAN bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan peserta dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang
diperolehnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Andi Muliana. Diberdayakan oleh Blogger.