Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini
RSS

MODEL PEMBELAJARAN


1.    MODEL PERMAINAN DAN SIMULASI
  A. Permainan
Suatu pendekatan mengajar yang menggunakan permainan sebgai peralatan mengjar. Tujuannya adalah untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan , meningkatkan motivasi dan mengembangkan taktik dan strategi berpikir serta  pemerolehan keterampilan.
Kelebihan:
    •      Meningkatkan keterlibatan peserta didik
    •      Dapat disesuai dengan tujuan belajar
    •      Menjangkau beragam suasana: seluruh kelas atau kegiatan individu
             Menarik perhatian peserta didik
Kelemahan :
    •      Memancing suasana kompetisi jika tidak diarahkan dapat menimbulkan konflik
    •      Menyulitkan bagi peserta didik yang lamban dan tidak terbiasa
    •      Memerlukan biaya yang banyak untuk beberapa permaian
    •      Dapat menimbulkan niat yang salah arah: tujuan untuk menang sehingga mengurangi esensi belajar.

 B. Simulasi
 Cara penyajian pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan untuk memahami tentang konsep, prinsip, atau keterampilan tertentu. Simulasi dapat digunakan sebagai metode mengajar dengan asumsi tidak semua proses pembelajaran dapat dilakukan secara langsung pada objek yang sebenarnya. Adapun jenis jenis simulasi yaitu :
    1.  Sosidrama: Menyelesaikan masalah sosial: Kenakln Rmj
    2.  Psikodrama: bermain peran ttg masalah psikologis: Diri
    3.  Bermain peran: menciptakan peristiwa aktual, sejarah,
    4.  Peer teaching:  teman sejawat
     5. Simulasi game: berkompetisi untuk meraih sesuatu
2.     MODEL KOOPERATIF
Strategi pengelompokkan di mana para siswa bekerja sama untuk saling mendapat keuntungan dari potensi belajar anggota lainnya
      Prinsip prinsip :
    Ø  Peran anggota kelompok sebagai bagian dari keseluruhan tim
    Ø  Keterlibatan interaktif di antara anggota kelompok
    Ø  Akuntabilitas individual dan kelompok
    Ø  Anggota yang memiliki keterampilan antara personal dan kepemimpinan
    Ø  Kemampuan memahami belajar personal dan fungsi kelompok.

3.    MODEL PENEMUAN & PENYELESAIAN MASALAH
 A. Penemuan
    Menggunakan pendekatan induktif atau penyelidikan untuk belajar; strategi ini menyajikan masalah untuk diselesaikan melalui percobaan dan kesalahan (Trial and Error).
    Adapun prinsip prinsipnya yaitu :
    Ø  Tidak selalu lebih baik membiarkan mereka sendiri untuk menemukan tanpa arahan dan pembinaan yang jelas.
    Ø  Perlu ada panduan sistematis yang dapat merngarahkan penemuan peserta didik
    Ø  Mengintegrasikan model perancah (scaffolding) yakni membangun pengetahuan berdasarkan pengetahuan sebelumnya
Yakinkan bahwa peserta didik telah mengetahui pengetahuan dan keterampilan sebelumnya  untuk dapat mengarahkan pada pengetahuan dan keterampilan baru.
 B. Penyelesaian Masalah
    Metode pemecahan masalah bukan hanya sekadar metode mengajar tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebab dalam problem solving dapat menggunakan metode-metode lainnya dimulai dengan mencari data sampai kepada menarik kesimpulan
    Langkah-Langkah:
    Ø  Ada masalah yang jelas untuk dipecahkan. Masalah ini harus tumbuh dari siswa sesuai dengan taraf           kemampuannya
    Ø  Mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut
    Ø  Menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut
    Ø  Menguji kebenaran jawaban sementara tersebut
        Menarik kesimpulan

KARAKTERISTIK DAN JENIS JENIS MEDIA PEMBELAJARAN

A.    ADAPUN KARAKTERISTIK DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN YAITU
    ·    Visual
    ·    Cetak
    ·    Audio
    ·    Komputer
    ·    Multimedia
    ·    Inter / internet
B.    MEDIA CETAK
    ·    Buku
    ·    Brosur
    ·    Leaflet
    ·    Modul
    ·    Lembar kerja siswa
    ·    Handout termasuk bagian-bagian dari media cetak
C.     MEDIA PEMERAN
    ·    Benda asli
    ·    Benda pengganti
D.     MEDIA AUDIO
E.       MEDIA VISUAL
    ·    Non projektor seperti foto, gambar, tabel, grafik, poster, dan karton
    ·    Projektor seperti kamera dan gambar digital
F.       GAMBAR
Gambar yang dapat berupa sketsa dan diagram
G.       GAMBAR DIGITAL
H.       MEDIA AUDIO
I.        MEDIA VIDIO
J.       MEDIA KOMPUTER
K.      KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
    ü  Berdasarkan ciri fisik dan unsur pokok
    ü  Berdasarkan pengalaman belajar
    ü  Berdasarkan penggunaan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Andi Muliana. Diberdayakan oleh Blogger.